Biola W. R. Supratman termasuk model amatus. Berukuran 4/4 atau standar, dengan panjang badan 36 cm, lebar badan  pada bagian terlebar 20 cm, dan 11 cm pada bagian tersempit. Tebal tepian biola 4,1 cm dan tebal bagian tengah 6 cm. Pada bagian badan terdapat dua lubang berbentuk “S” terbalik, disebut “f hole”, satu di sisi kiri dan satu di sisi kanan, yang berfungsi membuang gema dari dalam. Pada bagian dalam terdapat tulisan “Nicolaus Amatus Fecit in Cremona 16”, petunjuk nama pembuat dan alamatnya. Pada bagian badan juga terdapat tick rest atau penahan dagu yang terpisah.

Pada bagian badan ini terdapat dua bagian yang tidak nampak dari luar, yaitu sill dan bas bar. Sill yang berbentuk kayu kecil bulat memanjang berfungsi menghubungkan papan depan dengan papan belakang. Bas bar merupakan kayu melintang di bawah kaki senar yang paling besar. Fungsinya untuk menambah kekuatan papan depan.

Leher Biola sepanjang 37,2 cm berbentuk persegi panjang dengan ukiran berbentuk spiral selebar 6 cm pada bagian ujungnya. Sisi atas leher berbentuk lengkungan. Lebar leher pada sisi terlebar 4 cm dan tersempit 2,5 cm. Pada bagian leher ini terdapat stelan senar sepanjang 6 cm yang berujung bundar dengan diameter 2,5 cm. Bagian yang dimasukkan ke leher biola berbentuk bulat dengan diameter 1 cm. Panjang penggesek keseluruhan 71,2 cm, panjang senar penggesek 62,5 cm.

Biola W.R. Supratman dibuat dari tiga jenis kayu yang berbeda. Papan depan berbahan kayu Cyprus (Jati Belanda). Papan samping, papan belakang,  leher, dan kepala dibuat dari kayu maple Italia. Bagian senar holder, penggulung senar, kriplang, dan end pin menggunakan kayu hitam atau kayu eboni Afrika Selatan. Bridge atau jembatan dibuat dari kayu maple. Pada bagian senar kawat disisipkan kayu eboni yang keras untuk menahan beban senar kawat. Lis tepi biola dibuat dari rose wood dan eboni.

 

2680 Views
Selamat pagi,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by