Mahasiswa UBK

Dalam rangka pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2019/2020, sebanyak dua ratus mahasiswa baru dari Universitas Bung Karno (UBK) mengunjungi Museum Sumpah Pemuda, Jumat (20/9/2019).

Di hari ketiga PKKMB 2019 ini, para mahasiswa baru UBK mengawali kegiatan dengan berkunjung ke Taman Proklamasi, dilanjutkan ke Museum Naskah Proklamasi, kemudian ke Museum Sumpah Pemuda.

“Kita memilih tiga tempat tersebut sebagai tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam rangka untuk menghidupkan semangat nasionalisme, semangat persatuan, dan semangat kekeluargaan diantara generasi penerus bangsa pada mahasiswa baru yang memiliki latar belakang dan berasal dari wilayah yang berbeda-beda dari aceh sampai papua, dari miangas sampai pulau rote,” tutur Salomon, Dosen Ajaran Bung Karno UBK.

Mahasiswa baru UBK berkeliling museum sumpah pemuda dengan dipandu oleh Ibu rizka, Pak yadi, dan Mas Eko. Dengan begitu, mahasiswa baru mengetahui sejarah Sumpah Pemuda secara langsung dan diharapkan mahasiswa baru UBK dapat menanamkan rasa cinta tanah air, semangat persatuan, dan nasionalisme dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di kampus maupun di lingkungan bermasyarakat.

Salomon mengatakan, “kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mereka mengenai sejarah bangsa dan bagaimana prosesi yang dilakukan oleh para pendiri bangsa sehinga bisa berdiri kokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Juga membantu mereka untuk mengenal sejauh mana peran soekarno didalam kemerdekaan, sumpah pemuda, dan sejarah lainnya”.

“Mudah-mudahan spirit mereka juga terbangun karena bisa belajar secara langsung dengan dipandu oleh gaet-gaet di museum sumpah pemuda ini. Sehingga setelah masa orientasi ini berlangsung, mereka mampu menjadi pribadi yang mandiri, setia dengan pancasila, dan tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” ujar Salomon, di akhir kegiatan kunjungan.

Sebelum menaiki bus untuk kembali ke kampus, para mahasiswa baru UBK berbaris dan menyuarakan Ikrar Sumpah Pemuda secara bersama-sama di depan gedung Museum Sumpah Pemuda.

1060 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat pagi,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by